Program Studi Diploma-IV Meteorologi merupakan salah satu program studi unggulan yang ada pada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). STMKG merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola di lingkungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). STMKG merupakan perubahan dari Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2014. Program Studi Diploma-IV Meteorologi beroperasi mulai tahun 2013 sejak berlakunya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 230/E/O/2013 tanggal 12 Juni 2013 Tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pada Akademi Meteorologi dan Geofisika.

        STMKG di dalam penyusunan kurikulum dan silabus telah berpedoman pada ketentuan-ketentuan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berlaku di Indonesia dan sebagai bagian dari masyarakat dunia telah melaksanakan ketentuan-ketentuan pembelajaran pendidikan tinggi-MKG dari World Meteorologi Organization (WMO), yaitu ketentuan-ketentuan substansi kurikulum meteorologi dan hidrologi sebagaimana dimaksud dalam Surat Sekretaris Jenderal WMO) Nomor ETR/BIP-M tanggal 21 Januari 2015 tentang Compliance of meteorology courses offered by universities and training centres with the Basic Instruction Package-Meteorology yang ditujukan kepada Permanent Representative Indonesia (Kepala-BMKG) dengan pokok surat Standardisasi Pendidikan dan Pelatihan Meteorologi dari Badan Meteorologi Dunia (WMO) berdasarkan dokumen 1083 WMO tahun 2012.

        Program Studi Diploma-IV Meteorologi menjalankan Tridharma perguruan tinggi di bidang meteorologi untuk menghasilkan lulusan aparatur sipil negara yang berkualitas sebagai sumber daya manusia bagi BMKG. Seluruh lulusan Program Studi Diploma-IV Meteorologi berikatan dinas dengan BMKG.

        Program Studi Diploma-IV Meteorologi juga menyelenggarakan kerjasama pendidikan dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara dan Angkatan Laut dengan sistem Tugas Belajar. Lulusan program kerjasama tersebut akan mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (meteorologi) dan akan kembali ke kesatuan tugasnya masing-masing setelah selesai menjalani pendidikan.

        Program Studi Diploma-IV Meteorologi didukung oleh dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman, peralatan praktikum yang lengkap, laboratorium meteorologi yang memadai, taman alat serta fasilitas belajar-mengajar yang sangat menunjang.

346total visits,4visits today