Jakarta (20/10/2018), dalam rangka peningkatan kualitas mutu operasional BMKG tentang akurasi dan eksistensi informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca kepada masyarakat, Pusat meteorologi publik menyelenggarakan kegiatan “science week” dengan tema “Atmospheric Science to Weather Forecast Operataions”. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ( tanggal 16 Oktober – 18 Oktober 2018), dalam acara tersebut BMKG bekerja sama dengan NOAA yang diwakilki oleh Prof. Chidong Zhang. Pakar meteorologi tersebut bertindak sebagai nara sumber dengan memaparkan “equatorial wave” dan “interaksi antara lautan dan atmosfer”.

Acara science week ini dihadiri oleh staf bidang pubik BMKG, peneliti di BMKG serta Dosen Prodi Meteorologi STMKG yang diwakilki oleh Dr.Aries Kristianto, ST, M.Si, Sc dan Agung Hari Saputra, M.ChET.dan Amir Mustofa Irawan, M.Sc.


Dosen STMKG dalam kegiatan science week tersebut memaparkan hasil kajian riset yang telah dilakukan STMKG oleh Dr.Aries Kristianto,ST,M,Si dalam paparan Clustering Research in STMKG dan Amir Mustofa Irawan, M.Sc dalam paparannya mengenai prediksi tropikal siklon serta Agung Hari Saputra, M.ChET dengan paparannya pemisahan karbon dilautan.

Hasil Science Week ini berupa resolusi yang disepakati bersama yakni pengembangan dan pemilihan cluster riset di BMKG yang akan mendukung kegiatan operasional BMKG khususnya prediksi cuaca serta kolaborasi riset antara BMKG dalam hal ini pusat meteorologi publik dan pusat penelitian BMKG serta STMKG sebagai Center of Excellence.

 

Leave a Comment