Utusan STMKG mendapatkan penghargaan sebagai pemakalah terbaik dalam kegiatan Seminar Nasional Pelestarian Lingkungan (SENPLING) 2018 yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Riau berkerjasama dengan Pusat Studi Lingkungan Hidup LPPM Universitas Riau dengan tema Strategi Pengelolaan Sumber Daya Alam Untuk Pelestarian Lingkungan. Seminar ini menghadirkan keynote speaker IB Putera Parthama, PhD (Dirjen PDASHL KLHK), Prof. Jatna Supriatna, PhD (Universitas Indonesia) Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, DEA (Universitas Riau), Prof. Dr. Ing. Temala Alexander Barus (Universitas Sumatera Utara) Suharyono, S.H, M.Si,  M.Hum, (Kepala Balai Besar KSDA Riau).

Tujuan seminar adalah mempertemukan dosen, mahasiswa serta peneliti dalam bidang Lingkungan. Berbagi (sharing) informasi mengenai konservasi, dan dampak perubahan lingkungan akibat aktivitas manusia dalam pembangunan dan industrialisasi. Menyamakan persepsi tentang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang bertanggungjawab di lingkungan masyarakat. Meningkatkan partisipasi dan kesadar  berbagai pihak dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang wawasan lingkungan. Berbagi informasi mengenai kebijakan yang dibuat dan pelaksanaanya dalam pengelolaan sumberdaya alam yang bertanggungjawab

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 10 November 2018 di Hotel Pangeran, Pekanbaru. Pada kegiatan ini STMKG turut andil yang diwakili oleh Juni Tika Simanjuntak, Mukhamad Adib Azka, dan Tesla Kadar Dzikiro. Pada kegiataan ini ada 90 karya ilmiah yang juga diikuti oleh universitas lain seperti Universitas Riau, Universitas Negeri Padang, Universitas Islam Riau serta beberapa instansi pemerintah. Dibimbing oleh Drs. Hariadi, M.Si Kontingen STMKG mengangkat judul Analisis Dampak fenomena El Nino terhadap Ketersediaan Air Tanah di Bima, NTB pada tahun 2015.

Penulisan karya tulis ilmiah ini didasari oleh pentingnya kajian mengenai ketersediaan air suatu wilayah pada periode tertentu akibat adanya pengaruh fenomena global salah satunya El Nino. Karya tulis ilmiah tersebut membawa keberhasilan sehingga kontingen STMKG dapat mempersentasikan karyanya dalam acara SENPLING serta terpilih menjadi penyaji terbaik.

Untuk kedepannya, diharapkan acara seminar lainnya taruna/i dapat terus berkarya dan berprestasi.

Leave a Comment