Bangkok (06/05)—Program Studi (Prodi) Meteorologi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) turut berpartisipasi dalam kegiatan konferensi internasional yang bertajuk “2nd UN Ocean Decade Regional Conference & 11th WESTPAC International Marine Science Conference”. Konferensi internasional ini diselenggarakan pada 22 – 25 April 2024. STMKG mengirimkan lima delegasi dosen untuk menghadiri kegiatan yang berlangsung di Bangkok, Thailand tersebut.  

Dokumentasi delegasi kegiatan konferensi

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Pada kegiatan ini, STMKG secara umum memberangkatkan delegasinya yang terdiri dari tiga orang dosen Prodi Meteorologi, satu orang dosen Prodi Klimatologi, dan satu orang dosen Prodi Instrumentasi-MKG. Kelima dosen ini mengikuti rangkaian acara konferensi yang diselenggarakan atas kerja sama Dekade Kelautan PBB, badan UNESCO, serta organisasi maritim regional WESTPAC (Sub-Komisi UNESCO untuk Ilmu Kelautan di Pasifik Barat). Sub Komisi IOC WESTPAC sendiri bertujuan untuk menyatukan negara-negara anggota, khususnya, lembaga pemerintah dan komunitas penelitian, serta pemangku kepentingan kelautan lainnya, untuk mengembangkan solusi ilmu kelautan transformatif yang bermanfaat bagi manusia, alam, dan ekonomi.

Foto bersama delegasi dosen STMKG dalam kegiatan konferensi

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Delegasi Prodi Meteorologi berkesempatan mempersentasikan hasil mereka dalam bentuk presentasi oral dan poster. Adapun dua presentasi oral dibawakan oleh Ibu Hasti Amrih Rejeki, M.Si dengan judul penelitiannya “Anomaly of Maluku Indonesian throughflow circulation during different ENSO year in the last 15 years (2008–2023)” dan Ibu Avionesti, M.Si dengan judul penelitiannya “The effect of climate variability to the air-sea carbon flux in Indonesia Waters”. Untuk presentasi poster dibawakan oleh bapak Ahmad Fadlan, M.Si dengan judul penelitiannya “Tidal flood study in the coastal area of the Surabaya city in 2021 based on sea level analysis”.

Dokumentasi presentasi oleh Ibu Avionesti, M.Si dan bapak Ahmad Fadlan, M.Si

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Keikutsertaan dosen-dosen Prodi Meteorologi dalam forum ilmiah tingkat dunia ini menjadi salah satu upaya institusi dalam mengembangkan wawasan dan jejaring di kancah internasional. Selain itu, hasil dari keikutsertaan pada konferensi ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas dalam kajian kelautan terkait dampak perubahan cuaca dan iklim, mitigasi bencana, serta pengelolaan wilayah laut dan pesisir secara berkelanjutan. Hal tersebut tentunya mendukung visi STMKG menjadi sekolah tinggi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan berwawasan global di bidang Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.

Total Page Visits: 58 - Today Page Visits: 2

Leave a Comment