Visi Program Studi Diploma-IV Meteorologi

Menjadi Program Studi Meteorologi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia (aparatur sipil negara) di bidang Meteorologi yang berkompetensi dan berwawasan global di bidang Meteorologi.

Misi Program Studi Diploma-IV Meteorologi

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Meteorologi;
  2. Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana terapan di bidang Meteorologi yang profesional dan kompeten, memiliki basic sciences yang kuat dan mampu berpikir analitik konseptual di bidang Meteorologi;
  3. Meningkatkan kecakapan komunikasi para taruna dalam menggunakan bahasa internasional agar mampu beperan dalam forum nasional dan internasional di bidang Meteorologi;
  4. Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan dalam menghasilkan inovasi dibidang meteorologi.

Tujuan Program Studi Diploma-IV Meteorologi

Program studi bertujuan menghasilkan lulusan yang :

  1. Meningkatkan standar dan kualitas pendidikan di bidang meteorologi melalui penguasaan dan penerapan konsep-konsep dasar, prinsip-prinsip dan teori dinamika cuaca.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional, berkarakter, terampilan, kompeten dan kualifikasi internasional serta keunggulan intelektual yang mampu berperan aktif dalam kegiatan operasional dan penelitian di bidang meteorologi.
  3. Menghasilkan penelitian dosen dan mahasiswa yang memiliki kemampuan pengembangan kebebasan berpikir ilmiah melalui seminar dan berbagai diskusi serta publikasi ilmiah dalam bidang meteorologi dalam bentuk artikel, jurnal ilmiah, dan sejenisnya di forum Nasional maupun Internasional.
  4. Mengaplikasikan penelitian dan pengetahuan terkait meteorologi secara komprehensif dalam pengabdiannya kepada masyarakat dengan sigap dan tanggap dalam peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengantisipasi dampak kebencanaan meteorologi.
  5. Berparan aktif dalam forum kegiatan ilmiah dalam kajian bidang meteorologi baik secara nasional maupun internasional.